Optimalisasi Website Anda Dengan Search Engine Optimization (SEO)

14 Desember 2018 Posted by
Optimalisasi Website Anda Dengan Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization, SEO, adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas dari hasil mesin pencari secara organik. Dengan mempraktekkan SEO, berarti Anda menyesuaikan website agar bersahabat dengan algoritma mesin pencari.

SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website bagi mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut. 


Mengapa SEO penting untuk website?

 Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%. Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%. Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website anda, dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari. 
 

Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan metode dan teknik yang dapat Anda terapkan ke website untuk meningkatkan lalu lintas, peringkat, dan visibilitas di halaman hasil mesin pencari. Ketika Anda mengoptimalkan website Anda, maka website Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di hasil teratas mesin pencari, yang kemudian akan meningkatkan lalu lintas pengunjung ke website Anda. Proses optimalisasi mencakup banyak teknik dan metode yang diterapkan ke website itu sendiri atau situs lain yang terkait dengan konten website Anda. Memahami proses SEO membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana proses mesin pencari bekerja, tata letak halaman pencarian, dan metode setiap mesin pencari yang anda targetkan apakah Google, Yahoo, Bing atau yang lainnya. 

Memanfaatkan lalu lintas pengunjung dari mesin pencari adalah salah satu faktor kesuksesan bagi website Anda, karena Anda dapat mengubah lalu lintas pengunjung ini menjadi calon klien atau pengikut website Anda. Proses SEO mencakup sejumlah teknik yang perlu Anda terapkan secara berkesinambungan untuk menjadikan website Anda ke peringkat paling atas pada hasil mesin pencari. Teknik pengoptimalan mesin pencari mencakup berbagai strategi baik di dalam website Anda maupun di luarnya, biasanya istilah ini dikenal metode optimalisasi On-page SEO dan Off-page SEO.  
 

On-page SEO 

On-page SEO adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, anda akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri. Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik. 

Metode optimasi ini diterapkan ke website itu sendiri membuatnya mudah dibaca oleh mesin pencari. Metode ini adalah langkah pertama dalam proses optimasi ketika Anda membuat website Anda. Merancang website Anda dimulai dari memilih nama bagi identitas bisnis atau website Anda. Salah satu teknik On-page SEO adalah memilih nama domain yang sesuai untuk bisnis Anda, yang nantinya akan diketik oleh pengguna pada browser mereka untuk menjangkau website Anda. Termasuk juga dalam tehnik ini yaitu membuat meta tag yang ditambahkan ke kode HTML yang berisi informasi tentang website, seperti judul, deskripsi, dan kata kunci yang terkait, serta optimalisai judul konten, kecepatan dalam memuat konten website Anda, kata kunci, navigasi, dan desain struktur website Anda.  

Meskipun teknik On-page SEO tidak mengarahkan lalu lintas pengunjung langsung ke website Anda seperti teknik Off-page SEO, akan tetapi tehnik ini dapat membuat konten website anda lebih mudah dijangkau dan dikenali oleh "crawler" mesin pencari. Jadi, secara otomatis kategorisasi dan proses index halaman situs lebih mudah dan lebih cepat daripada website yang tidak menerapkan teknik ini. 


Off-page SEO

Tidak seperti teknik pengoptimalan On-page SEO, teknik optimasi Off-page SEO merupakan metode yang Anda terapkan di luar website anda untuk meningkatkan peringkat, lalu lintas, dan visibilitasnya di mesin pencari. Metode ini jika diterapkan akan memiliki dampak langsung pada lalu lintas pengunjung dan peringkatnya dalam hasil pencarian. Metode ini dapat menggunakan alat atau website pihak ketiga seperti website direktori atau website jaringan sosial untuk membantu membuat tautan yang mengarah ke website Anda dan tentu akan meningkatkan lalu lintas pengunjng. Selain itu, Optimasi Off-page SEO termasuk juga mempromosikannya website Anda melalui siaran pers, brosur, dan banyak lagi secara offline.  

Teknik On-page SEO dan Off-page SEO penting untuk dipertimbangkan ketika Anda ingin mengoptimalkan website Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan laman jejaring sosial website di Facebook untuk mengarahkan lalu lintas ke website Anda, sementara pada saat yang sama, website Anda dapat diakses dengan cepat oleh pengunjung, jika tidak, pengguna yang masuk dari luar website akan meninggalkan website Anda tanpa dapat membaca isinya karena terlalu lama dalam proses loading. 
 

Artikel Terkait